Bangga, Kalbar Raih Peringkat Kelima saat STQN ke-XXV

Image

Bangga, Kalbar Raih Peringkat Kelima saat STQN ke-XXV

Pontianak – Sesuai dengan pesan dan harapan dari Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji yang mengatakan jika seluruh khafilah asal Kalbar dapat memberikan penampilan yang terbaik pada saat penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional ke-XXV di Kota Pontianak, Kafilah Kalimantan Barat berhasil memperbaiki prestasi pada perhelatan Seleksi Tilawatil Quran 2019 ini. Tak tanggung-tanggung, Kalbar yang pada STQ Nasional 2017 lalu tidak masuk 10 besar, pada STQ kali ini berhasil melesat jauh lantaran berhasil menduduki peringkat 5 besar. 
Perbaikan prestasi itu diraih setelah 4 peserta asal Kalimantan Barat sukses merengkuh prestasi sebagai juara dari berbagai cabang perlombaan. Hal itu diketahui setelah Ketua Dewan Hakim STQ Nasional Prof. Dr. Hj. Huzaemah T. Yanggo, M.A. membacakan surat keputusan nomor 03/Kep-DH/STQNXXV/2019 tentang penetapan peserta yang menjadi juara 1,2 dan 3 serta juara harapan 1,2 dan 3 pada STQ Nasional 2019, Jumat (5/7/2019) malam.
Peserta asal Kalbar yang meraih juara 1, 2 dan 3 antara lain Fuady Farid Al Bari yang menjadi pemenang ketiga pada cabang hafalan 100 hadis dengan sanad dan Malika Khaira Khalqillah sebagai pemenang kedua di cabang tilawah golongan anak-anak. Dua peserta lainnya ialah Fathurrahman yang berhasil menjadi juara ketiga pada cabang tahfiz golongan 10 juz dan Rohidah yang menjadi juara pertama pada cabang tahfiz golongan 30 juz. 
Selain keempat peserta tersebut, para peserta asal Kalbar juga turut meraih prestasi sebagai juara harapan. Sedikitnya terdapat 3 peserta yang meraih juara harapan, yakni Dr. H. Anas Alhifni sebagai juara harapan satu pada cabang tilawah golongan dewasa, Khullatun Nabellah yang menjadi juara harapan dua pada cabang tahfiz golongan 20 juz dan Ainun Jariah yang berhasil menjadi juara harapan tiga pada cabang hafalan 500 hadis tanpa sanad. 
Sementara untuk raihan peringkat kelima juara umum STQ Nasional tidak hanya diraih oleh Kalimantan Barat, dua provinsi lain juga menduduki peringkat kelima karena perolehan poin yang sama, yaitu Provinsi Kalimantan Selatan dan Jawa Tengah.
Adapun juara umum dari peringkat pertama sampai peringkat sepuluh adalah sebagai berikut.
1. DKI Jakarta
2. Banten
3. Sumatera Utara
4. Sulawei Tenggara
5. Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Selatan
6. Aceh dan Jawa Barat
7. Riau dan Sumatera Barat
8. Papua Barat dan Sumatera Selatan
9. Jambi
10. Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Lampung dan Kalimantan Tengah

Share