SELAYANG PANDANG PROV. KALBAR

about sellayang pandang

Selayang Pandang

Provinsi Kalimantan Barat

Kalimantan Barat adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan Pontianak sebagai ibukota provinsinya. Kalimantan Barat memiliki luas wilayah 146.870 km2 (7.53%) luas Indonesia. Kalimantan Barat dilalui oleh sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia dan mempunyai banyak anak sungai sehingga Kalimantan Barat dijuluki sebagai provinsi “Seribu Sungai”.

Posisi Kalimantan Barat secara astronomis dilalui oleh garis lintang 00 sehingga cuacanya sangat panas. Antara tanggal 21-23 Maret dan 21-23 September setiap tahun ada fenomena alam yang unik ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Pada saat itu posisi matahari akan tepat berada diatas kepala sehingga menghilangkan semua bayangan benda-benda dipermukaan bumi. Peristiwa ini disebut titik kulminasi matahari. Pada hari itu banyak turis baik lokal maupun mancanegara yang datang untuk menyaksikan peristiwa langka tersebut di tugu khatuliswa (equator monument) Pontianak.

Kalimantan Barat terdiri dari 14 kabupaten dan kota. Jalur antar kabupaten dihubungkan dengan jalan raya. Selain itu, terdapat juga jalur darat antarnegara yang menghubungkan Indonesia, Malaysia dan Brunai Darussalam. Untuk mengunjungi Malaysia, Brunai Darussalam dan bahkan Filipina dapat menggunakan bus antarnegara. Tidak mengherankan jika setiap hari Pontianak ramai dikunjungi oleh warga Malaysia dan Brunai Darussalam.

Kalimantan Barat memiliki pesona alam dan budaya yang beragam. Dalam hal budaya, Kalimantan Barat memiliki adat dan tradisi yang sangat beragam. Suku bangsa yang mendominasi di Kalimantan Barat adalah suku Dayak, Melayu dan China. Selain itu, ada juga suku bangsa pendatang yang berasal dari Jawa, Sunda, Bugis, Minangkabau, Batak, Madura dan Bali. Meskipun beragam, tetapi keharmonisan diantara suku bangsa yang berbeda tetap dijaga. Hal ini tertuang dalam slogan Kalimantan Barat yaitu “Harmonis dalam Etnis”

Disamping keberagaman budaya, Kalimantan Barat juga memiliki pesona alam yang menakjubkan mulai dari pantai hingga gunung. Meskipun Kalimantan Barat tidak memiliki gunung berapi, namun Kalimantan Barat juga memiliki sumber air panas yang terdapat di kabupaten bengkayang. Bedanya, sumber air panas tersebut tidak mengandung belerang. Dalam bidang perekonomian, sebagian besar bergerak di sektor perdagangan. Saat ini telah berdiri 3 mall besar di Pontianak. Komoditas pertanian andalan Kalimantan Barat adalah lidah Buaya (Aloe Vera) dan Jeruk.